Sponsor

5 Okt 2011

24. DENGARKAN IDE ORANG LAIN


“SAAT ORANG LAIN BICARA, DENGARKANLAH SEPENUHNNYA. KEBANYAKAN ORANG TIDAK PERNAH MENDENGAR”
Ernest Hemingway

Jika Anda berpikir bahwa Anda dapat mengetahui segalanya, mungkin Anda akan terlalu sibuk untuk diri Anda sendiri dan tidak punnya waktu mendengarkan orang lain. Namaun saya tahu itu bukan Anda. Setiap orang, serendah apaun posisinnya atau tugasnnya, memiliki sesuatu untuk Anda. Coba berbicara dengan operator lift, penjaga parker, staf kantin, siapapun dan apapun. Yang paling penting, dengarkanlah anggota tim Anda. Merekalah yang bekerja dengan sumber daya. Merekala yang berada digaris depan dan mereka memiliki ide bagus. Mereka tidak perlu menanyai setiap hal kecil, tetapi untuk hal-hal besar. Bicaralah dengan mereka. Dapatkan masukan, ide, dan kreativitas mereka.
Anda tentu harus berhati-hati. Sekalipun Anda mendengarkan mereka, Anda tetap yang bertanggung jawab. Anda mungkin mendengarkan mereka, tetapi tidak akan berarti Anda menindaklanjuti setiap ide mereka. Rendamlah pemikiran bahwa Anda harus melakukan apapun yang mereka sarankan. Disitulah terdapat persoalan yang berat. Dengarkan, serap, lalu tentukan hal yang bisa diterapkan berdasarkan apa yang telah Anda dengar, pengalaman dan ide Anda. Tidak baik jika Anda mendengarkan dan kemudian tidak menggunakan informasi mereka, hal ini membuat mereka akan kecewa terhadap Anda. “Apa gunannya menceritakan ideku pada bos kalau tidak pernah dipakai”.
Anda harus mendengar tanpa member kesan bahwa Anda akan menggunakan ide mereka. Dengan demikian, mereka tidak akan merasa kecewa saat Anda melakukan sesuatu hal dengan cara yang berbeda. Namaun, Anda dapat membuat mereka berpikir bahwa ide mereka dimasukan kedalam strategi keseluruhan Anda.
Setiap anggota tim yang saya kenal dapat memberikan informasi bermanfaat kepada menejernnya tentang masalah tim atau perusahaannya, atau cara melakukan sesuatu hal dengan lebih baik. Jika Anda terbuka terhadap hal-hal ini, ajukan pertannyaan yang bagus dan dengarkan tanpa prasangka, maka Anda dengan segera akan berada di kelas yang berbeda dari kebanyakan menejer.

Sumber: The Rules Of Management

Tidak ada komentar:

Posting Komentar