Sponsor

6 Okt 2011

25. SESUAIKAN GAYA ANDA DENGAN TIAP ANGGOTA TIM


“ANDA UNIK, ANDA MEMILIKI KETERAMPILAN TERTENTU YANG MEMENUHI KEMUNGKINAN KEBUTUHAN ORGANISASI ANDA DAN MENARIK PIMPINANNYA UNTUK MEREKRUT ANDA. ANDA JUGA MEMILIKI GAYA BEKERJA BERSAMA ORANG LAIN YANG TAMPAKNNYA TELAH MENJADI POLA MAPAN DALAM HIDUP ANDA. HINGGA PADA TINGKAT DIMANA GAYA ANDA MENGERJAKAN SESUATU MEMENUHI KEBUTUHAN ORGANISASI DAN ANGGOTANNYA, MAKA AKAN SUKSES”
Stephen C. Rafe

Menyesuaikan gaya Anda bukan berarti Anda harus menjadi bunglon. Hal ini berarti Anda harus peka terhadap individualitas tim Anda dan menyikapinnya dengan baik. Anda mungkin memiliki anggota yang ekspresif dan suka dipuji di depan umum, sedangkan untuk anggota Anda yang lebih introspektif di puji di tempat umum mereka akan menciut dan mati semangatnya. Mereka lebih suka disampaikan secara pribadi bahwa mereka bekerja dengan baik. Begitulah, Anda mengubah gaya tanpa mengubah kulit, titik atau kepribadian.
Saya memiliki satu anggota tim yang sangat bagus. Ia mengerjakan tugasnya dengan hebat, tetapi sepenuhnnya membenci penilaian dan akan melakukan apapun untuk menghindarinnya. Dia tidak suka membicarakan dirinnya sendiri dan ini sudah menjadi seperti fobia. Saya harus mengubah gaya saya kepadannya saat penilaian enam-bulanan. Jika dia menduga saya sedang melakukan penilaian, maka dia akan bereaksi berlrbihan dan panic. Saya juga mempunnya satu anggota tim lain yang menyapa saya setiap hari dengan  sangat ceria, “Bagaimana penilaian Anda terhadap pekerjaan saya, Bos?” Dia suka berbicara tentang dirinnya dan dengan senang hati menerima penilaian harian jika saya bersedia melakukannya. Kedua anggota tim ini melakukan tugasnnya dengan sangat baik, mereka tidak akan tetap bekerja kalau tidak demikian, namun mereka memerlukan penanganan yang berbeda. Saya ingin mereka terus bekerja dengan baik. Saya harus melakukan penanganan yang berbeda untuk mendapatkan yang terbaik dari mereka.
Sama dengan itu, sebagian orang suka dibiarkan sendiri agar tercipta kesempatan untuk menghasilkan sesuatu. Mereka akan datang dan mengatakan kepada Anda jika mereka membutuhkan bantuan atau motivator dari Anda. Sementara orang lain membutuhkan Anda untuk mengarahkan tindakan mereka dan memberikan mereka pekerjaan spesifik. Jangan terlalu banyak mengatur orang tipe pertama. Mereka akan menolak dan tersinggung (mungkin mengundurkan diri). Jangan juga terlalu membiarkan tipe kedua atau mereka akan merasa tertekan karena kurang terstrukturnnya tugas mereka dan mereka tidak akan bekrja keras. Pikirkan tentang individu. Pikirkan apa yang mereka butuhkan dan apa yang memotivasi mereka. Sesuaikan gaya menejemen anda dengan mereka.

Sumber: The Rules Of Management

Tidak ada komentar:

Posting Komentar