Sponsor

19 Jan 2010

Menggunakan Yang Tidak Ada

Sebuah wadah dibentuk dari tanah liat tetapi kegunaannya berasal dari ruang kosong di dalamnya. Ruang kosong dalam pusat roda memungkinkan rodanya berputar. Jendela serta pintu adalah ruang-ruang kosong  di dinding. Sebuah ruangan dapat digunakan hanya karena kekosongannya.
     Yang berharga berasal dari yang ada; yang berguna berasal dari yang tidak ada.
    Oleh karenanya, perhatikanlah yang tidak diketahui maupun yang diketahui. Walaupun mengetahui itu berharga, tidak mengetahui itu berguna. Tidak mengetahui adalah awal sementara mengetahui adalah akhir. Tidak mengetahui adalah ketidak-pastian yang memungkinkan geraka. Kalau hanya ada yang diketahu, tak seorangpun dapat bergerak dalam kepastian. Majulah dari yang tak diketahui ke yang tak diketahui. Kepastian itu mengikat, sementara ketidak pastian membebaskan.
     Perhatikanlah yang tidak pasti maupun yang pasti. Bergeraklah dalam pertannyaan-pertanyaan dan hati-hatilah terhadap jawaban-jawaban. Peganglah kepastian sekaligus bersikap tidak pasti. Temukanlah jawabanya sekaligus keliru. Jawaban-jawaban menutup, pertanyaan-pertanyaan membuka. Carilah ruang diantara pemikiran-pemikiran, ketidak pastian diantara kepastian.
     Carilah yang ada tetapi cari juga yang tidak ada. Isilah sekaligus mengosongkan. Permulaan hanya terjadi dalam kekosongan. Kembangkanlah kekosongan yang menerima, ketidak pastian yang memahami. Carilah yang kosong; rangkullah perubahan. Tanpa kekosongan, takkan ada lagi yang dapat diterima sehingga tak ada lagi yang dapat dipelajari. Demikianlah orang bijak mengisi semua orang tetapi kekosongan mereka tetap.
Sumber: Tao Kehidupan (Ray Grigg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar