Sponsor

16 Jan 2010

Sebelum Berpikir Itu Ada

    Persis ketika suatu akhiran dicpai, suatu awal dimulai. Kebingungan akan mengikuti kepastian.Jawaban akan membawa kepertanyaan.
     Pertanyaan pertama tidak mungkin memiliki jawaban yang terakhir. Berilah jawaban maka pasti keliru. Suatu akhiran selalu merupakan suatu permulaan. Temukan jawaban yang sebelum pertanyaan pertama; Temukan pemahaman yang sebelum pemikiran yang pertama.
     Pikiran hanyalah tentang berpikir. Berpikir akan membawa kepada kebingungan. Pemahaman sebelum berpikir membingungkan pemahaman. Gunakanlah pemikiran untuk mengenali pemahaman.
     Berpikirlah hati-hati sebelum berpikir, lalu berpikirlah tanpa mengganggu pemikiran. Pahamilah sebelum berpikir, lalu berpikirlah tanpa mengganggu pemahaman.
     Kosongkanlah pikiran dan kembalilah keawal sebelum pemikiran pertama. Karena kosong datang sebelum penuh dan penuh sebelum kosong, mengisi dengan mengosongkan.
     Orang bijak tidak mengumpulkan kebenaran, tidak menyimpan ide-ide, berpikir, tidak tahu apa-apa tetapi selalu paham, tidak menilai apa-apa tapi selalu dapat membedakan.
Sumber: Tao Kehidupan (Ray Grigg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar