Sponsor

25 Sep 2011

14. BERI PUJIAN PADA TIM SAAT MEREKA LAYAK MENERIMANNYA


“BETAPA MENAKJUBKAN APA YANG DAPAT ANDA CAPAI JIKATIDAK MEMPERDULIKAN SIAPA YANG AKAN MENDAPAT PUJIAN.”
Harry Truman

Sebagaimana halnnya Anda harus membela dan menanggung semua kesalahan, Anda juga harus selalu memberikan pujian dan penghargaan kepada tim Anda saat pekerjaan berjalan lancer. Jika penjualan kepada klien A tercapai karena Anda kebetulan selalu bekerja hingga larut malam untuk menanganinnya dan menggunakan kenalan lama dari pekerjaan sebelumnnya, lalu memenangkannya karena kebetulan Anda mengetahui sesuatu yang tidak diketahui pesaing Anda, maka Anda berkata, “Tim yang mengerjakanya”.
Bertanggung jawab atas kesalahan menumbuhkan loyalitas, demikian juga  dengan memberikan penghargaan kepada tim. Ucapan pujian Anda dengan lantang dan tulus didepan umum. Dengan cara apapun, pastikan Anda mengatakannya. Jangan katakana “Tim saya akan melakukannya” secara tidak tulus, seakan Anda memuji sambil tetap memastikan semua oang tahu siapa yang sebenarnnya bertanggung jawab. Pernyataan tim dibawah pimpinan Anda tidak perlu dinyatakan. Setiap orang tahu bahwa tim Andalah yang Anda maksud. Anda boleh mengatakan “mereka bekerja dengan sangat baik. Mereka adalah Tim yang luar biasa. Saya beruntung memiliki mereka”. Pernyataan ini mmemang berarti Anda tidak memiliki kaitan apapun dengan keberhasilan tim, namaun semua orang tahu bahwa Anda pemimpinnya. Tim Anda akan mencintai Anda dan tiap orang akan menganggap Anda sangat rendah hati dan tidak haus perhatian. Selamat untuk Anda.
Saya tahu tindakan ini memerlukan keberanian dan kepercayaan diri yang besar. Anda bekerja keras dan tampaknnya tidak adil tidak menerima pujian apapun. Saya tahu Anda ingin berdiri dan berteriak, “Lihat, ini saya. Saya yang melakukannya sendiri?” Namun Anda tidak dapat melakukannya. Anda tidak melakukannya sendiri, sekalipun Anda meyakininnya demikian. Jika Anda menjual, maka tim yang membuat produk yang Anda jual. Tanpa tim, Anda tidak dapat menjual apapun. Katakana kepada tim Anda bahwa menjual produk adalah pekerjaan mudah karena mereka telah melakukan pekerjaan dengan baik. Tim Anda akan merasa bangga dan menggandakan usahannya.
Sumner: The Rules Of Management

Tidak ada komentar:

Posting Komentar