Sponsor

24 Sep 2011

13. TERIMALAH KRITIK


“MENURUT SAYA, PEMIMPIN YANG PALING EFEKTIF TIDAK PERNAH MENGATAKAN “AKU”. HAL INI BUKAN KARENA MEREKA TELAH MELATIH DIRINYA UNTUK TIDAK MENGATAKAN “AKU”. MEREKA TIDAK MEMIKIRKAN “AKU”. MEREKA MEMIKIRKAN “KITA” MEREKA MEMIKIRKAN “TIM”. MEREKA PAHAM TUGAS MEREKA ADALAH MEMBUAT TIM BERFUNGSI. MEREKA MENERIMA TANGGUNG JAWAB DAN TIDAK MENINGGALKANNYA, TAPI “KITA” YANG DAPAT PENGHARGAAN. INILAH YANG MENCIPTAKAN KEPRCAYAAN DAN MEMUNGKINKAN ANDA MENYELESAIKAN TUGAS.
Peter F.Drucker

Maaf, tapi jika tim gagal, seluruhnnya adalah kesalahan Anda. Jika tim bekerja dengan baik, penghargaan hanya untuk mereka. Menejer yang baik akan selalu menerima kritik. Saya tahu bahwa menggunakan tim sebagai alas an adalah hal mudah,tetapi cara ini tidak akan menyelesaikan masalah. Andalah sang pemimpin, menejer, bos. Jika semuannya gagal, Anda harus menanggungnnya.
Sangat mudah untuk berkata, “Kita tidak memenuhi target kita karena tim” Namun Anda harus berkata, “ Saya tidak memenuhi target saya karena saya” jadi bukan karena “mereka”
Mudah sekali mengatakan, “Kita tidak memenuhi target kita karena si A tidak sengaja mengecewakan langganan kita dan mereka menarik diri sehingga penjualan kita menurun.” Namun, siapa yang menugaskan si A menangani langganan sepenting itu? Anda. Siapa yang mengarur penjualan? Anda. Memang Anda. Tim Anda akan bersedia berkorban apapun bagi Anda jika Anda memintannya, jika Anda bersedia bertanggung jawab disaat yang berat, percayalah. Tidak ada yang lebih membangkitkan loyalitas daripada seorang bos yang siap maju dan berkata, “ Saya yang bertanggung jawab”.
Namun saya tahu hal ini sangatlah berat untuk dilakukan. Untuk melakukannya, diperlukan kepercayaan diri, keberanian, kepercayaan (bahwa Nda tidak akan dipecat atau diberi sanksi) dan kedewasaan tertentu.
Anda akan berpikir bahwa tindakan tersebut akan menjatuhkan Anda, membuat Anda seakab tidak berkompeten, padahal sebaliknnya. Jika bos Anda melihat Anda berdiri dan berkata “Kami kehilangan pelanggan tersebut dan sayalah yang bertanggung jawab terhadap itu. Inilah langkah yang kami ambil untuk memastikan hal seperti ini tidak akan pernah terjadi lagi,” mereka bukannya melihat kegagalan, melaikan seorang calon annggota direksi.
Sumber: The Rules Of Management 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar