Sponsor

23 Sep 2011

12. PANDAI-PANDAILAH MENEMUKAN ORANG YANG TEPAT


“EKSEKUTIF TERBAIK ADALAH ORANG YANG CUKUP CERDAS DALAM MEMILIH ORANG YANG TEPAT UNTIK MELAKUKAN APA YANG IA INGINKAN KERJAKAN. IA JUGA MENAHAN DIRI UNTUK TIDAK IKUT CAMPUR SAAT ORANG ITU BEKERJA”
Theodere Roosevelt, Presiden AS

Anda harus mampu menemukan orang yang tepat untuk pekerjaan yang tepat, kemudian memberikan mereka keleluasaan untuk menyelesaikan tugasnnya. Baiklah, saya tahu untuk pekerjaan ini memerlukan intuitif tertentu,tapi saya yakin Anda pasti tahu menejer seperti apa yang saya maksudkan. Mereka tampaknnya dikelilingi oleh orang-orang yang cakap dan kompeten. Mereka terlihat hannya duduk dan memperhatikan orang-orangnnya mencapai tujuannya. Anda juga bisa begitu. Ini adalah bakat khusus, tetapi dapat dilatih. Menurut saya, rahasiannya adalah memilih orang yang tepat dan membebaskannya, yaitu membiarkan mereka melakukan tugasnnya. Anda harus memiliki kepercayaan yang besar untuk dapat melakukan hal ini, yaitu kepercayaan terhadap kemampuan mereka dan juga terhadap Ana sendiri.
Anda harus memahami dengan sangat jelas orang seperti apa yang Anda sedang cari, untuk melakukan untuk melakukan suatu pekerjaan dan apa yang Anda cari. Misalnnya, Anda memerlukan seorang tenaga menejer, ini adalah apa yang Anda sedang cari. Namun siapa? Pemain tim? Orang yang serba bisa? Orang yang bisa mengambil keputusan secara cepat? Orang yang dapat menentapkan rencana kedepan? Orang yang bisa memahami kebiasaan dalam industry Anda? Orang yang sangat memahami bagimana mengembangkan timnnya? Orang yang bisa menghadapi serikat pekerjayang sangat mudah terpengaruh? Saya yakin Anda menerti. Jika Anda memahami dengan jelas siapa dan apa yang Anda perlukan, Anda berada pada masa transisi untuk menjadi menejer dengan kemampuan luar biasa dalam menemukan orang yang tepat. Tentu saja ini bukan suatu ketangkasan, melaikan perencanaan, visi, logika dan kerja keras.
Saya pernah melakukan ksalahan karena sangat tergoda dengan surat rekomendasi seorang menejer. Waktu itu saya adalah seorang  hrd yang akan merekrut seorang pengawas. Saya tidak memeprhatikan lebih mendalam tentang siapa dia dan dari padaapa dia. Ya, dia memiliki surat rekomendasi dan sangat bagus dalam bekerja. Namun dia bukanlah pemain tim. Ia memandang segala sesuatu sebagai kompetisi, terutama antara dirinnya dengan pengawas yang lain. Sebenarnnya sikap ini wajar-wajar saja, tapi menjadi masalah bagi saya dan menejer lain, yang semuannya menginginkan kerja sama. Ini adalah salah satu kasus dimana saya tidak menemukan orang yang tepat pada posisi yang tepat. Saya sudah menemukan orang yang salah pada posisi yang salah dan usaha besar diperlukan untuk memperbaikinnya. Saya hannya menyalahkan diri sendiri karena saya kurang memikirkan siapa yang saya inginkan.
Jika Anda tidak cakap dalam hal ini, atau masih perlu belajar, undanglah seseorang yang Anda hormati untuk mendampingi Anda dalam wawancara agar dapat memberikan perspektif lain. Carilah mentor atau pelatih untuk membantu Anda untuk menemukan orang yang benar-benar Anda butuhkan.

Sumber: The Rules Of Management

Tidak ada komentar:

Posting Komentar