Sponsor

22 Sep 2011

11. BERIKAN DORONGAN


“SATU KELOMOK MENJADI TIM SAAT TIAP ANGGOTA CUKUP YAKIN DENGAN DIRI DAN KONTIBUSINYA SEHINGGA BISA MEMUJI KEMAMPUAN ANGGOTA LAIN”
 Norman Glass Shidle.

Jika Anda tidak pernah memberi tahu orang lain bahwa Anda puas atas pekerjaan mereka, mereka akan menjadi lesu. Orang bekerja karena begitu banyak alasan dan kebanyakan tidak berhubungan dengan uang, walaupun itu yang mereka katakana kepada Anda. Alasan paling atas daftar tak tertulis, tak terucap, dan tak ternyatakan adalah “Pujian dari Bos”. Andalah bos itu.
Mereka mungkin menyebutnnya “pengakuan”, “penghargaan”, atau “perasaan berhasi”. Namun, bagaimana mereka mengetahuinnya? Mereka tahu karena Anda mengatakannya kepada mereka.
Sekarang Anda dapat memuji apa yang mereka telah lakukan. Tunggulah setelah mereka bekerja dengan baik, lalu katakan bahwa mereka telah bekerja dengan baik. Atau, Anda dapat menyemangati mereka sebelumnnya. Katakana bahwa mereka akan berhasil sebelum mengerjakannya. Mengapa? Karena peluang mereka berhasil akan semakin besar jika Anda telah memuji mereka sebelumnnya. Mereka tidak ingin mengecewakan Anda dan dirinnya sendiri.
Menjadi menejer adalah impian para minimalis. Anda ingin membangun tim hebat dengan menghabiskan sumber daya sesedikit mungkin? Pujian itu gratis. Pujian dapat digantikan dengan segera, tidak pernah usang, terkadang efektif 100 persen, sangat sederhana untuk dilakukan, dan tidak menyita waktu.
Jadi mengapa menejer banyak tidak melakukannya? Karena untuk memberikan pujian memerlukan keyakinan diri. Anda harus merasa yakin dengan diri sendiri agar mampu memuji sebelum mereka mengerjakan tugas. Jika Anda meragukan diri sendiri, Anda akan meragukan mereka. Jika Anda meragukan mereka maka Anda tidak akan memuji mereka karena Anda yakin mereka akan mengacau.
Tidak diperlikan apapun kecuali keberanian untuk mengatakannya, “Ayolah, Anda bisa melakukannya, Anda pasti berhasil”. Semakin banyak tanggung jawab yang Anda berikan kepada orang, semakin besar Anda mempercayai mereka, semakin banyak Anda memuji mereka, semakin sering Anda menyemangati mereka, maka semakin besar usaha yang mereka hasilkan untuk Anda. Pujian tidak memrlukan biaya, namun memberikan hasil yang besar. Dorongan harus selalu diberikan.
Ciptakan lingkungan dimana setiap orang saling menyemangati orang lain. Kalimat “Kamu bisa melakukannya” harus terdengar selalu disekeliling Anda. Jika Anda tidak mengatakannya, mungkin tim Anda juga tidak mengatakannya. Doronglah anggota Anda yang berkemampuan baik untuk membantu orang yang berkemampuan kurang baik. Dalam setiap tim yang baik, suasana saling membantu harus terus ditingkatkan. Berikan pujian jika hal ini dapat berjalan. Kita mengerjakan semua ini bersama. Kita akan gagal atau sukses bersama.

Sumber: The Rules Of Management 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar