Sponsor

21 Sep 2011

10. TERIMA KETERBATASAN MEREKA


“MEMBUAT KESALAHAN BERARTI ANDA BELAJAR LEBIH CEPAT”
Weston H. Agor

Sebagaimana yang telah kita bahas sebelumnnya, menggabungkan tim secara efektif berarti Anda memerlukan beberapa bagian atau anggota tim yang berbeda. Beberapa dari kita bagus dalam satu hal-hal tertentu dan oranglain tidak terlalu bagus. Jika kita semua akan menjadi peimpin atau pengikut. Anda memerlukan kombinasi, bukan salah satunnya.
Jadi, jika beberapa anggota tim Anda bukan pemimpin atau pengikut jadi Anda harus menerimannya. Jika beberapa dari mereka bagus dalam pekerjaan angka dan yang lain tidak, Anda harus menerimannya. Jika beberapa dari mereka bisa bekerja tanpa pengawasan dan yang lain tidak, Anda harus menerimannya.
Untuk dapat menerima hal ini, Anda harus mmengenal sifat Anda dengan sangat baik. Anda harus mengetahui kekuatan, kelemahan, sisi baik dan sisi buruk mereka. Jika Anda tidak mengetahuinnya, tapi saya percaya Anda tidaklah demikian. Dan kalau hal itu benar-benar terjadi maka selamannya Anda akan menempatkan orang pada posisi yang tidak sesuai dengan kemampuannya.
Anda harus memahami bahwa tidak semua orang sama cerdasnnya, tekun, ambisius, pandai atau termotivasi seperti Anda. Ini pujian tulus dari saya, tetapi perhatikanlah aturan berikutnnya. Beberapa angota tim Anda mungkin benar-benar memiliki kemampuan yang tepat. Anda mungkin perlu menetapkan aturan 8 sebelum aturan 11 jika memang tidak ada harapan untuk perbaikan. Namun, jangan bertindak tergesa-gesa. Mungkin Anda tidak memerlukan sekelompok orang yang genius ( sebenarnya,jika Anda merekrut orang yang terlalu pandai untuk pekerjaan tersebut, mereka akan hengkang dengan cepat)
Misalnnya tim Anda terdiri dari oprator mesin atau asisten administrasi. Untuk pekerjaan ini, Anda tidak memerlukan orang-orang secerdas Einstein. Namun, Anda memerlukan orang-orang yang mampu duduk berjam-jam dalam posisi membuat pantat kebas, berkonsenterasi pada pekerjaan yang bisa membuat Anda dan saya gila.  Hanya saja, jangan harapkan mereka melakukan langkah memunculkan ide, inovasi serta teknologi baru. Anda harus menerima keterbatasan mereka dan menyayangi  mereka apa adannya. Keterbatasan ini merupakan parameter untuk Anda untuk menghasilakan yang terbaik dari mereka, tentunnya terbaik sesuai standar mereka. Sementara Anda memperhatikan mereka, lakukan Analisis cepat terhadap keterbatasan Anda sendiri, apa saja yang Anda rasa masih kurang dalam diri Anda. Nggak mungkin gak punya ketrbatasan bukan?

Sumber: The Rules Of Management

Tidak ada komentar:

Posting Komentar