Sponsor

20 Sep 2011

9. BIARKAN MEREKA MELAKUKAN KESALAHAN


“SEORANG BOS MEMPERBAIKI PENYALAHAN, SEORANG MENAGER
MEMPERBAIKI KESALAHAN”
Anonim


Sebuah pepatah Cina kuno berbunyi: “Katakan Kepadaku dan aku mengingatnnya satu jam; tunjukan kepdaku maka aku akan mengingatnnya satu hari; tapi biarkan aku mengerjakannya dan aku akan mengingatnnya selamanya.” Cukup jelas bukan? Jika Anda memberikan kesempatan untuk mengerjakannya, mereka akan mengerjakannya dengan buruk pada awal. Mereka akan membuat kesalahan. Anda harus membiarkannya.
Jika Anda orang tua, Anda tetntu tahu betapa menyulitkannya anak berumur dua tahun yang memaksa menuang sendiri minumannya, selanjutnnya menumpahkan minumannya di atas meja. Anda bersiap dengan kain lap di balik punggung Anda karena Anda tahu.
·         Mereka akan menumpahkannya
·         Andalah yang harus mengelapnnya
·         Proses penumpahan ini penting, dan Anda harus membiarkan mereka melakukannya. Mereka akan belajar untuk tidah menumpahkan minuman lagi jika sudah pernah menumpahkan minuman.

Sebagai orang tua, Anda melakukan tindakanmenjaga yang menakjubkan, siap meraih jus itu jika akan tumpah terlalu banyak, atau meraih cangkir jika akan jatuh, atau bahkan meraih si anak jika tampaknnya akan jatuh dari kursi karena sedang berkonsentrasi penuh menuangkan minumannya.
Saya tidak mengatakan anggota tim Anda seperti anak kecil. Sebenarnnya sih begitu, tapi jangan katakana pada mereka. Anda wajibmembiarkan mereka menumpahkan minumannya jika mereka belajar untuk menjadi lebih baik dan pastikan Anda memegang kain lap untuk mengelap setelah mereka menumpahkan minumannya.
Setiap kali mereka menumpahkan minumannya, Anda tidak boleh menyuruhnnya berhenti. Sebaliknnya, berikan pujian “Bagus, kerja yang luar biasa, kemajuan yang hebat.” Usahakan agar mereka tidak melihat Anda memegang lap ataupun saat Anda mengelapnnya.

Sumber: The Rules Of Management

Tidak ada komentar:

Posting Komentar