Sponsor

19 Sep 2011

8. KURANGI BEBAN ANDA SEBANYAK YANG ANDA MAMPU ATAU TANTANGLAH


“JIKA TERASA MENYAKITKAN DAN MENAKUTKAN, ITULAH PENDELEGASIAN YANG SESUNGGUHNNYA”.
            Caspians Woods

Menejer yang baik, sebutan Anda mulai saat ini, memahami bahwa mereka menelola kejadian, proses, situasi, strategi tetapi tidak pernah mengelola orang bayangkan Anda mempunyai tanaman yang luas dan memutuskan memperkerjakan seorang tukang kebun. Apakah anda mengelola tukang kebun itu? Tidak. Dia mengelola dirinnya sendiri cukup baik. Tugas Anda adalah mengelola taman. Anda memutuskan apa yang akan ditanam, dimana  dan kapan. Tukang kebun, seperti juga sekop dan kereta dorong, menjadi alat dalam taman tersebut, dan menjadi alat yang dapat Anda gunakan untuk mengelola taman Anda dengan efektif. Namun, Anda tidak mengelola tukang kebun. Mereka mengelola dirinnya sendiri. Anda katakana kepadannya apa yang harus diselesaikan dan ia melaksanakannya. Anda mendelegasikan dan ia menggali, mempelajari, menanam, memangkas, merawat dan menyiangi. Tanaman-tanaman itu juga mengelola dirinnya sendiri. Baik Anda maupun tukang kebun tidak membutuhkan sesuatu. Kalian berdua hanya mengelola, tukang kebun adalah asisten Anda yang berguna, alat Anda untuk menyelesaikan pekerjaan.
Member kesempatan kepada Tukang kebun untuk mengambil keputusan sebanyak mungkin adalah tindakan yang masuk akal. Hal ini memberikan keleluasaan untuk memikirkan strategi jangka panjang, melihat gambaran besar, perencanaan musim dan mencermati catalog bibit sembari duduk ditempat teduh.
Tidak ada gunannya mengawasi tukang kebun saat dia membajak tanah, menyiangi taman, memangkas pohon dan sejenisnnya. Lebih baik menyerahkan pekerjaan itu kepadannya dan membiarkannya menyelesaikannya. Setelah ia selesai bekerja, Anda dapat memeriksa pekerjaannya apakah ia melaksanakannya sesuai dengan standar. Lalu Anda tidak merlu melakukannya lagi. Jangan terus menerus memeriksa.
Pada dasarnnya, itulah rahasia manejemen yang baik. Berikan mereka tugas untuk dikerjakan dan biarkan mereka menyelesaikannya. Periksa sekali duakali untuk memastikan apakah ia mengerjakannya sesuai dengan apa yang Anda minta dan selanjutnnya biarkan mereka menyelesaikannya. Secara bertahap berilah mereka lebih banyak tugas dan menjauhlah dari proses kerja mereka. Anda lebih baik berkonsentrasi pada peruses perencanaan. Bangunlah Tim Anda dan beri mereka kepercayaan untuk bekerja. Kadang-kadang hal ini tidak berjalan seperti semestinnya dan orang-orang akan bercanda, membolos, mengerjakan sesuatu dengan buruk. Itu semua akan menjadi kesalahan Anda karena Anda menejer tim. Tidak, ini seriussemuannya ada di tangan Anda. Bacalah terus catatan-catatan berikutnnya untuk menemukan cara-cara untuk memastikan hal itu tidak terjadi, setidaknnya tidak sering.
Sumber: The Rules Of Management

Tidak ada komentar:

Posting Komentar