Sponsor

18 Sep 2011

7. TETAPKAN BATASAN ANDA


"SANGAT DISAYANGKAN KITA TIDAK BISA MEMBELI EKSKUTIF BISNIS SESUAI DENGAN NILAI MEREKA SEBENARNNYA, LALU MENJUALNNYA SESUAI DENGAN NILAI YANG MENERAPIKIRKAN TENTANG DIRINNYA"
Malcolm Forbes, Penerbit Amerika

   Mulai hari pertama Anda harus sepenuhnnya berada di tingkat paling atas dalam hal disiplin. Ingatlah, pada awal kita sudah membahas menjaga tim Anda mirim dengan peran orang tua. Jadi sebagai orang tua, Anda harus menetapkan batasan dan menerapkan toleransi noluntuk bertahan. Jika diberi sedikit keleluasaan, mereka akan melanggar semua aturan. Jika Anda terlihat lemah, mereka akan memanfaatkannya. Keuntungan menetapkan batasan dan  toleransi nol adalah  Anda akan memiliki garis yang jelas atau meteran yang anda gunakan untuk mengukur apapun. Anda hanya perlu bertannya, “Apa hal ini melanggar aturan?”. Jika ya, hentikan. Jika Anda tetap membiarkannya, bagaimana Anda nanti menghentikannya?
   Misalnnya salah satu batsan Anda adalah ketepatan waktu ( bisa juga cara berbusana, kepedulian terhadap konsumen, atau apapun yang Anda rasa penting untuk perkembangan tim Anda). Jadi disini kita misalkan, jika terlambat 5 menitmasih di maafkan, bagaimana kalau tujuh menit> masih dimaafkan dan bagaimana kalau sepuluh menit? Dan seterusnnya sampai anggota tim Anda menyimpang dari waktu sesuka mereka. Namun, jika Anda tidak mengizinkannya dari awal, maka itulah ketetapannya. Anda tidak perlu memeikirkan masalah ini lagi. Sebaliknnya, jika Anda mengizinkannya pelanggaran, ketidak patuhan kecil, Anda selamannya harus berpikir, “Apakah hal ini berlebihan?” “ Dapatkah saya kembali merebut kendali?” “Sejauh mana saya akan melangkah?”
   Ini tidak berarti Anda perlu memikirkan ratusan aturan dan bersikap kaku secara tidak wajar. Hal ini berarti Anda perlu memutuskan beberapa batasan utama yang penting bagi Anda, tim, dan bisnis Anda. Buatlah dengan jelas dan tegas.
Ingatlah, Anda menghadapi suatu tim, bukan individu. Saya akan menekankan hal ini berulang kali. Anda mungkin merasa untuk tiap orang dapat dilakukan pengecualian, tetapi Anda tidak bebrurusan dengan individu. Anda menghadapi suatu tim. Jika Anda tampak lembut pada seorang individu, Anda harus lembut kepada semuannya. Jika Anda mengizinkan satu orang terlambat, maka semua orang harus diizinkan terlambat. Jika seorang bebas setelah melanggar aturan, semua orang harus dibebaskan.
   Menejer yang baik bersikap tegas terhadap perilaku yang tidak tepat. Sikap ini akan menyampaikan pesan yang jelas kepada seluruh tim bahwa Anda adalah menejer yang baik, tegas, dan terkendali yang lebih mengutamakan pencapaian kolektif tim daripada dianggap orang baik, toleran dan mudah mengalah. Ya, secara individu, beberapa anggota tim menganggap Anda hebat jika Anda membiarkannya setelah melakukan pelanggaran. Namun secara kolektif tim akan mencerca Anda.
Sumber: the rules of management

Tidak ada komentar:

Posting Komentar