Sponsor

17 Sep 2011

5. JADIKAN TIM KITA LEBIH BAIK DARI PADA KITA


“Ini salah satu ironi aneh dari kehidupan yang aneh: mereka yang bekerja paling keras, menaati disiplin yang paling ketat, meninggalkan kesenangan tertentu demi mencapai tujuan, adalah orang yang paling bahagia”

Menejer yang baik, yaitu Anda sendiri, mengetahui bahwa saat timnnya mengepakkan sayap dan terbang, mereka juga terbang. Membantu tim Anda terbang membutuhkan keberanian, ketebahan, keteguhan, dan semangat yang meluap-luap. Anda harus menjadikan anggota Tim Anda lebih baik dari Anda. Artinnya, Anda percaya mereka, memberikan mereka sumber daya terbaik, melatih mereka untuk mengambil alih tugas Anda, percaya bahwa mereka tidak akan menusuk Anda dari belakang saat mengambil alih tugas Anda. Anda juga yakin pada kemampuan Anda untuk tidak cemburu pada mereka saat mereka benar-benar lepas landas. Persyaratan yang sulit karena pada umumnnya kita, akan sangat sulit keluar dari situasi yang membuat kita nyaman.
Dibutuhkan menejer yang tangguh untuk menjalankan hal ini. Anda harus cukup rileks dan aman pada posisi Anda. Terus terang, mendorong tim Anda untuk tampil memerlukan keberanian. Mari amati Tim Kita. Siapa saja yang termasuk didalammnya? ( lihat pada bagian ke 2 tulisan ini). Siapa yang suatu saat akan menggantikan Anda? Apa yang bisa Anda bagikan untuk menyemangati mereka?
Calon pengganti adalah orang-orang yang perlu Anda latih dan kembangkan. Mereka orang-orang cerdas, tekun, pekerja keras. Saya pernah memiliki seorang asisten yang sangat cerdas sehingga menakutkan saya. Namun, saat saya naik ke level yang lebih tinggi, dia menggantikan kedudukan saya sebelumnnya. Dia selalu bersama sayadalam beberapa perpindahan, selalu selangkah dibelakang. Gilanya, dia lebih baik dari saya dalam banyak hal, tetapi dia tidak pernah melakukan tindakan beresiko untuk mengambil alih kedudukan saya. Mungkin dia segan, tetapi kemungkinan ini meragukan mengingat bidang industry yang saya tekuni adalah bidang yang agak keras. Tidak, ini semua karena kebiasaan. Begitu Anda membentik tim yang baik, tim ini akan terbiasa memandang Anda menejernnya. Mereka merasa nyaman dengan hal ini dan tidak akan memberontak dan melangkahi Anda. Tim hanya akan melakukannya jika mereka merasa marah dan curiga. Jadi, kembangkan, latih, dan jadikan mereka lebih baik.

Sumber:the rules of manegement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar