Sponsor

12 Sep 2011

MENGELOLA TIM


Kita semuannya harus bekerja dengan orang. Orang-orang ini secara bebas dikenal sebagai Tim, depertemen, pasukan, atau kru atau bahkan pagar betis. Hal ini tidak perlu kita permasalahkan. Kesalahan yang dilakukan banyak pemimpin adalah berpikir mereka mengelola orang. Mereka mengira orang adalah alat atau komoditas mereka. Buatlah orang-orang ini sukses dan anda menjadi pemimpin yang sukses, setidaknnya demikianlah teorinnya.
Namun sayangnnya ini adalah mitos. Kita perlu mengetahuibahwa peranan menejer (pimpinan) yang sebenarnnya adalah mengelola proses, bukan orang. Orang bias mengelola dirinnya sendiri jika Anda memberinnya kesempatan. Bagian yang perlu Anda perhatikan sebenarnnya adalah tugas manajemen yang sebenarnnya, yaitu strategi. Tim hanyalah sarana untuk mencapai tujuan tersebut. Jika semua orang Anda dapat diganti dengan mesin? Mungkin masih banyak dari kita yang berdoa supaya hal tersebut tidak terjadi, karena bisa kita bayangkan apa yang akan terjadi, maka akan semakin bertambahlah pengangguran di negeri ini. Kita masih perlu memikirkan strategi dan mengelola proses tersebut.
          Orang akan menghilang dan digantikan oleh peralatan otomatis, tetapi pekerjaan rill masih aka nada. Menejer yang baik mengelola perubahan, proses, strategi, kemajuan dan keseimbangan. Dalam semua hal ini, kita mungkin memerlukan “orang” kita, tetapi mungkin juga tidak. Kita tentu saja tidak bias mengabaikan orang, tetapi kita sebaiknnya menyerahkan sebanyak mungkin manajemen diri pada mereka.

“ORANG MAMPU MENGELOLA DIRINYA SENDIRI JIKA ANDA BERI KESEMPATAN DAN BAGIAN YANG PERLU ANDA PERHATIKAN PENUH ADALAH TUGAS MANAJEMN YANG SEBENARNNYA, YAITU STRATEGI”

          Sebagai menejer, tentu saja kita harus bekerja dengan manusia dan mengetahui apa yang memotivasi mereka, bagaimana mereka berpikir dan merasa, mengapa mereka bekerja, mengapa mereka melakukan pekerjaan terbaik (yang terburuk), apa yang mereka takutkan, apa harapan dan mimpi mereka. Kita harus mendorong mereka, melatih mereka, memberikan mereka sumber daya untuk melakukan tugas dan mengelola diri, mengawasi peruses mereka dan menentapkan strategi untuk mereka. Kita akan mengkhawatirkan mereka, mengamati mereka, berada dipihak mereka dan memberikan dukungan. Namun kita tidak akan mengelola mereka. Kita akan membiarkan mereka mengelola diri sendiri. Kita akan berkonsentrasi pada peran kita yang sebenarnnya sebagai menejer.
Ada 34 hal yang harus menejer lakukan dalam mengelola Tim:
1.     Usahakan mereka terlibat secara emosional
2.    Pahami arti satu tim dan cara kerja tim itu.
3.    Tetapkan target yang benar-benar realistis
4.    Adakan rapat yang benar-benar efektif.
5.    Buatlah rapat menyenangkan.
6.    Jaikan tim Anda lebih baik dari Anda.
7.    Tetapkan batasan Anda.
8.    Bersiaplah untuk memangkas
9.    Kurangi beban sebanyak yang Anda mampu atau tantanglah.
10. Biarkan mereka membuat kesalahan.
11.  Terimalah keterbatasan mereka.
12. Berikan dorongan.
13. Pandai-pandailah menemukan orang yang tepat.
14. Terimalah kritikan
15. Beri pujian kepada Tim saat mereka layak menerimannya.
16. Dapatkan sumber daya terbaik untuk tim Anda.
17. Rayakanlah
18. Catatlah segala yang Anda lakukan dan katakana.
19. Pekalah terhadap kondisi
20.Ciptakan admosfir yang baik
21. Bangkitkan kesetiaan dan semangat Tim
22.Berjuanglah untuk tim Anda.
23.Miliki dan tunjukan kepercayaan kepada staf Anda
24.Hormati perbedaan individunnya.
25.Dengarkan ide orang lain
26.Sesuaikan gaya Anda dengan tiap anggota Tim
27.Biarkan mereka berpikir mereka tahu lebih banyak dari pada Anda (sekalipun tidak demikian)
28.Jangan selalu memberikan keputusan akhir
29.Pahami peranan orang lain
30.Pastikan orang tahu dengan tepat apa yang diharapkan dari mereka.
31. Gunakan motivasi penguat yang positif
32.Jangan mencoba membenarkan system yang konyol
33.Bersiaplah mengatakan ya
34.Latihlah mereka mengajukan solisi kepada Anda, bukan masalah.
Jadi hal-hal diatas akan kita coba bahas nantinnya, tapi berhubung karena waktu dan saya juga sudah mengantuk jadi dilain waktu kita akan coba bahas satu demi satu untuk menyempurnakan kemampuan kita dalam mengelola Tim Kita.
Sumber: THE RULES OF MANAGEMENT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar