Sponsor

13 Sep 2011

1. USAHAKAN MEREKA TERLIBAT SECARA EMOSIONAL


Kerjakan Sesuatu Karena Bagus, Bukan Sekedar
Karena Memiliki Peluang Untuk Berhasil


   Sebelum berangkat kekantor saya sempatkan sebentar melanjutkan apa yang sudah semalam saya mulai bagikan bagai mana cara “Mengelola Tim” jadi hari ini saya mulai langkah pertama dari 34 langkah yang akan saya coba pelajari dan bagikan dalam Mengelola Tim itu sendiri jadi saya akan coba bahas selangkah demi selangkah artinnya kalau tidak ada hambatan maka saya akan selesaikan materi ini 34 hari dimulai hari ini. Jadi untuk mempersingkat waktu saya mulai saja.
Anda mengelola Orang, yaitu orang yang dibayar untuk melakukan sesuatu pekerjaan. Namun, Jika pekerjaan itu hanya “sekedar pekerjaan” bagi mereka, Anda tidak akan pernah menemukan hasil yang terbaik dari orang yang anda bayar tersebut. Jika mereka datang kekantor absen dan absen pulang dan bekerja sedikit mungkin diantara jam tersebut, maka keberhasilan yang diharapkan akan sangat jauh dari kita.  Namun sebaliknnya, jika mereka datang ketempat kerja bersenang-senang, berharap untuk diraih, ditantang, diinspirasi dan dilibatkan maka Anda memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan yang terbaik dari mereka. Masalahnnya lompatan dari kelompok yang membosankan menjadi tim super, sepenuhnnya tergantung kepada Anda. Andalah yang harus menginspirasi, memimpin, memotivasi, menantang, dan melibatkan mereka secara emosional.
   Jadi ini dia kabar baiknnya, karena untuk membuat tim bisa ikut terlibat secara emosional sangat sederhana saja, Anda cukup membuat mereka peduli pada apa yang mereka kerjakan dan Anda juga harus membuat mereka melihat relevansi pekerjaan mereka, pengaruh pekerjaan mereka terhadap orang lain, bagaimana mereka telah memenuhi kebutuhan manusia lain, bagaimana mereka bias menjangkau dan menyentuh orang dengan pekerjaan mereka. Yakinkan mereka karena hal ini memang benar, bahwa mereka membuat perbedaan, berkontribusi bagi masyarakat, dan bukan hannya sekedar menghasilkan uang bagi pemilik atau pemegang saham.
    Ya misalnnya sebagai seorang tenaga penjual (sales) ada begitu banyak kebanggaan yang bias kita peroleh dari pekerjaan ini, karena dengan pekerjaan ini kita bias membangun relasi dengan setiap orang, dan paling penting lagi melalui kita maka setiap kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi dan masih banyak lagi kebanggan lainnya yang bisa kita dapatkan dari dari pekerjaan kita masing-masing. Mungkin sama seperti pepatah “Tak Kenal Maka Tak Sayang” jadi kita memang harus bisa mengerti apa manfaat pekerjaan itu sehingga kita bisa mencintai dan bekerja dengan sepenuh hati dan itu jauh lebih baik dari pada kita bekerja dengan sepenuh waktu.
   Jadi buatlah mereka mengerti dan peduli karena hal ini mudah, setiap orang sebenarnnya ingin dihargai dan berguna. Orang yang sinis akan menyebut omong kosong, tetapi hal ini benar. Anda hannya harus menjangkau jauh kedalam, maka Anda akan menemukan kepedulian, perasaan, perhatian, tanggung jawab dan keterlibatan. Raihlah semua itu dan mereka akan mengikutu Anda selamannya tanpa menyadari sebabnya.

    Oh ya,  dan pastinnya Anda sendiri yakin dulu sebelum mencobannya pada Tim Anda. Apakah Anda percaya pekerjaan Anda menghasilkan pengaruh yang positif? Jika tidak, renungkanlah dalam-dalam, dan temukan cara untuk peduli…

sumber: the rulus of management

Tidak ada komentar:

Posting Komentar