Sponsor

14 Sep 2011

2. PAHAMI ATRI SATU TIM DAN CARA KERJA TIM ITU

Mendapatkan Pemain Bagus Itu Mudah.
Yang Susah Adalah Membuat Mereka Bermain Bersama
(Casey Stegel)

Jadi apa dimaksud dengan satu Tim dan bagaimana cara kerjannya? Jadi kalau kita mau jadi pemimpin atau menejer yang sukses, kita harus mengetahui jawaban atas pertannyaan ini.
          Tim adalah organisasi yang memiliki dinamika, kualitas dan konvensinnya sendiri. Tanpa mengetahu hal ini, Anda akan kesulitan. Dengan mengetahuinnya, Anda dapat menggerakan Tim Anda menuju kejayaan.
  Dalam setiap Tim, ada beragam orang yang semuannya mendorong dan menolak ke berbagaiarah dengan kekuatan yang berbesa-beda. Beberapa orang menolak lebih keras, ada yang menerima dan ada juga yang tidak kemana-mana. Ada yang senang mendorong dari belakang dan ada lagi yang tidak melakukan apa-apa, tetapi Anda membutuhkannya untuk mendapatkan ide-ide.
  Belbin mengatakan, ada Sembilan peran Tim. Kita semua menjalankan satu fungsi atau lebih dari peran-peran ini. Ya, mengenali peran sendiri memang menyenangkan, tetapi lebih bermanfaat jika Anda mengenali peran tim, kemudian menggunakan informasi tersebut.
1.    Pekerja: mereka adalah pemikir orisinal; mereka menghasilkan ide baru; mereka menawarkan soalusi terhadap persoalan; mereka berpikir dengan cara yang sangat berbeda, lateral dan imajinatif.
2.    Peneliti Sumber Daya: mereka kreatif; mereka suka menerima ide dan menjalankannya; mereka ekstrovert dan popular.
3.    Kordinator: mereka sangat disiplin dan terkendali; mereka focus pada tujuan; mereka mempersatukan Tim.
4.    Pengasah: mereka sangat berorientasi terhadap pencaaian; mereka suka ditantang dan berhasil.
5.    Penilai Pemantau: mereka menganalisis dan menimbang; mereka tenang dan mandiri; mereka pemikir objektif.
6.    Pekerja Tim: mereka sportif dan koopratif; mereka adalah diplomat yang baik karena mereka hannya menginginkan terbaik bagi Tim.
7.    Pelaksana: mereka memiliki kemampuan organisasi yang bagus; mereka memakai akal sehat; mereka suka menyelesaikan yang terbaik bagi Tim.
8.    Penuntas: mereka memeriksa detail; mereka merapikan hasil pekerjaan mereka; mereka mengerjakan tugas secara menyeluruh dan teliti.
9.    Spesialis: mereka memperoleh keterampilan khusus; mereka sangat professional; mereka memiliki dorongan dan dedikasi.
Sekarang Anda tahu siapa saja anggota Tim Anda. Jadi apa yang dimaksud Tim, dan bagai mana Anda mengaktifkan Tim Anda? Pahamilah bahwa Tim adalah kelompok yang anggotannya berfokus pada sasaran bersama. Suatu Tim tidak akan bias bekerja sama jika setiap anggotanya berfokus pada target sendiri karena hanya berusaha menghabiskan waktu kerja, mencapai kemajuan pribadi, menyenangkan boss,  menggunakan pekerjaan sebagai klub social dan lainnya.

Anda tahu bahwa Anda memiliki Tim ketika Anda mendengar “kita” dari pada “aku”.
Anda tahu memiliki Tim jika keputusan yang sulit menjadi mudah, karena seorang berkata “Tidak Apa-apa.  Kita semua Bekerja Sama”
Anda tahu Anda memiliki Tim jika Tim itu mengatakan kepada Anda bahwa mereka adalah Tim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar