Sponsor

15 Sep 2011

3. TETAPKAN TARGET YANG BENAR-BENAR REALISTIS


“ MARI MELUBANGI ALAM SEMESTA”
            Steve Jobs, CEO Apple

            Seorang pernah berkata bahwa menetapkan target realistis adalah tidak realistis dan bahwa semua harus dapat “Direnggangkan” karena itu akan mengesankan dewan direksi. Sekarang, bisakah Anda melihat permasalahanya di sini? Ya, kita tidak membicarakan memotivasi Tim, menyelesaikan pekerjaan, menciptakan atmosfer kesuksesan dan kreativitas. Tidak, kita membahas mengesankan dewan direksi. Diatas kertas, tindakan ini tampak cerdas untuk dilakukan, namun saya yakin dewan direksi Anda Tidak akan senang dengan kondisi sepert ini.
            Saat mengatakan realistis, saya tidak menyatakan target yang lebih rendah atau mudah dicapai. Saya katakana realistis, dapat berarti berat, atau dapat juga berarti membutuhkan perjuangan. Realistis dapat berarti Tim Anda harus menggandakan usahannya, bekerja lebih keras, lebih lama, lebih cerdas. Namun, realistis dalam dalam bagian ke tiga ini adalah dapat dicapai atau dalam jangkauan kita. Ya kita mungkin harus berusaha lebih dari biasannya.
            Realistis berarti memahami kemampuan tim Anda dan apa yang diharapkan boss Anda dari kemampuan itu. Bagaimanapun carannya, bagaimanapun carannya, Anda harus menggabungkan keduanya agar kedua belah pihak senang. Anda tidak dapat menekan tim Andamelebihi kemampuan mereka. Anda juga tidak bias membiarkan boss Anda menganggap Anda lembek.
            Jika boss Anda bersikeras menetapkan target yang tidak realistisAnda harus member umpan balik kepada mereka. Jangan mendebat atau menunda; berikan umpan balik kepada mereka. Tanyakan kepada mereka bagaimana cara mencapai target tersebut menurut mereka. Persiapkan diri sebaik-baiknnya, berikan alasan mengapa target itu tidak realistis dan tanyakan lagi bagaimana menurut mereka cara pencapaiannya. Usulkan target Realistis Anda yang didukung oleh fakta dan perhitugan. Selalu sampaikan peroalan itu kepada boss Anda dan minta klarifikasi. Cepat atau lambat mereka harus menentapkan target yang lebih realistis, atau memerintahkan Anda untuk mencapai kemustahilan.
            Bagaimanapun juga, masalah Anda terpecahkan. Jika mereka telah menentapkan target realistis bagi Anda, yang perlu Anda lakukan adalah memenuhinnya (Anda tahu Anda dapat mencapainnya). Jika memerintahkan Anda mencapai target yang tak mingkin, Anda dapat menjelaskan bahwa sebelumnnya Anda telah menyatakan protes dan menjelaskan masalahnnya kepada mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar