Sponsor

3 Okt 2011

22. MILIKI DAN TUNJUKAN KEPERCAYAAN KEPDA STAF ANDA


“LEBIH BAIK DICURANGI SEKALI DARI PADA TIDAK DIPERCAYAI”
Samuel Johonson

Anda tentunnya punnya komputer, bukan? OK, kompuetr Anda sering heng dan memang demikian keadaannya. Anda punnya mobil. Mobil itu sering rusak, sekalipun bannya sering bocor dan memang gitulah keadaannya. Anda tentu tidak mengawasi benda-benda itu dengan waspada, menanti-nanti kapan alat tersebut akan mengecewakan Anda, mengawati tanda-tanda kerusakan seperti elang, itu juga bukan suatu cara yang bagus. Jadi berhentilah mengawasi staf Anda seperti itu. Mereka adalah alat menyelesaikan pekerjaan. Mereka akan rusak, kacau, apapun, dari waktu ke waktu, tapi kita menerima keterbatasan mereka dan kita mengizinkan mereka berbuat kesalahan. Kita tidak mengelola mereka, tetapi proses mereka.
Jika Anda mempercayai staf Anda, Anda harus menunjukan bahwa Anda memang mempercayai mereka. Kepercayaan bukan hannya dilakukan, tetapi harus terlihat. Terkadang Anda harus meninggalkan mereka sendiri untuk menyelesaikan pekerjaannya.
Anda menunjukan bahwa Anda mempercayai mereka dengan menarik diri dan meninggalkan mereka sendiri untuk menyelesaikan tugasnnya. Berhentilah mengintip apa yang mereka kerjakan, memeriksa setiap saat, memandang gugup setiap kalai mereka bergerak, batuk, atau bangkit. Tenanglah dan biarkan mereka menyelesaikan pekerjaannya. Anda masih dapat meminta mereka memberikan laporan akhir hari/minggu dan mendorong mereka menemui Anda untuk membahas persoalan apapun. Perjelas saja bahwa Anda mempercayai mereka unntuk mengerjakannya, dan anda akan selalu siap jika mereka memerlukan dukungan dan petunjuk.
Namun, saya mendengar Anda berkata, bagaiman jika saya tidak mempercayai mereka? Bagaimana jika saya tahu merekamalas, tidak berguna, sekelompok pemalas yang mengejar kebebasan? Bagaimana jika demikian? Tim siapa itu? Siapa yang memperkerjakan, melatih, mempertahankan sekelompok orang tersebut?
Jika Anda tidak mempercayai tim Anda, maka Anda perlu memeprhatikan kemampuan manajemen Anda. Pemimpian tim yang baik mempunyai tim yang baik pula. Jika tim cacat, kepemimpinannannyalah yang perlu dipertanyakan dan tentu ini bukan Anda. Jika tim baik, Anda dapat mempercayai mereka. Jika tim benar-benar tidak dapat dipercayai (apakah Anda yakin akan hal ini?) maka tim perlu diubah.
Sumber: The Rules Of Management

Tidak ada komentar:

Posting Komentar