Sponsor

4 Okt 2011

23. HORMATILAH PERBEDAAN INDIVIDUAL


“KAMI BERDEDIKASI UNTUK MENYEBARKAN BUDAYA SALING MENGHORMATI, YANG MENGHARGAI KEBERAGAMAN DAN MENUMBUHKAN PENGHARGAAN TERHADAP HAK DAN PERBEDAAN INDIVIDU PADA ORANG LAIN”
Prince Edward’s

Saya memiliki beberapa anak. Saya berharap mereka bekerja sama seprti tim. Namun saya juga sadar mereka berbeda. Jika saya mencoba memeprlakukan mereka dengan cara yang sama, menerapkan aturan yang sama atau telepas dari kedisiplinan maka saya akan mendapatkan pemberontakan. Sekarang, salah satu diantara mereka tidak dapat disuruh cepat. Tidak pernah, tidak dengan cara apapun. Jika Anda mendorongnnya, dia akan menolak dengan keras dan tidak dapat diubah. Dia harus dibujuk, dipikat, digodaagar lebih cepat. Namun yang satunnya harus diperlambat. Saya menghargai dan saya bekerja dengan perbedaan individu mereka. Saya hannya perlu menghargainnya.
Tim Anda juga demikian. Beberapa tim Anda bisa disuruh dengan cepat dan beberapa oanggota lain tidak bisa. Beberapa orang perlu dipercepat dan beberapa lagi perlu diperlambat. Beberapa anggota akan datang bekerja dengan senyum ceria, yang lain lebih baik nggak didekati di awal hari. Beberapa anggota sangat hebat dengan masalah teknologi namun yang lain tidak. Ingatlah kembali pernyataan Belbin dalam aturan 2 dan liat bagaimana tiap orang dalam tim memiliki potensi yang berbeda-beda. Perbedaan itulah yang membuat tim Anda hebat.
Dalam kasus anak saya. Jika saya perlu sesuatu dikerjakan dengan cepat, saya tahu siapa yang harus saya panggil. Jika saya memerlukan sesuatu dengan pendekatan yang agak lambat, lebih terencana, saya memilih anak yang lain.
Anda tidak perlu membebaskan orang dari suatu tugas hanya karena mereka berbeda akan tetapi pertahankan aturan kedisiplinan. Anda hannya perlu menyikapi perbedaan individu dengan cara Anda memilih tugas serta mengharapkan pengerjaan tugas tersebut. Kita semua berbeda, jika dunia dipenuhi orang-orang seperti saya pastinnya akan sangat mengerikan. Perbedaan membebtuk tim hebat yang bekerja sama secara efektif.
Jadi jika Anda mengelola tim penjual, misalnnya, dan sebagian anggotannya berpakaian rapid an cekatan (seperti Anda), tetapi ada seseorang berpakaian lebih kasual dan lebih ceriwis terhadap konsumennya, jangan menandai dia sebagai “bukan orang perusahaan”. Nilailah dia berdasarkan hasil yang didapatnnya. Jika dia memenuhi target dan konsumennya menyenanginya, berarti untung ada perbedaan.

Sumber: The Rules Of management

Tidak ada komentar:

Posting Komentar