“KAMI BERDEDIKASI UNTUK MENYEBARKAN BUDAYA
SALING MENGHORMATI, YANG MENGHARGAI KEBERAGAMAN DAN MENUMBUHKAN PENGHARGAAN
TERHADAP HAK DAN PERBEDAAN INDIVIDU PADA ORANG LAIN”
Prince Edward’s
Saya
memiliki beberapa anak. Saya berharap mereka bekerja sama seprti tim. Namun saya
juga sadar mereka berbeda. Jika saya mencoba memeprlakukan mereka dengan cara
yang sama, menerapkan aturan yang sama atau telepas dari kedisiplinan maka saya
akan mendapatkan pemberontakan. Sekarang, salah satu diantara mereka tidak
dapat disuruh cepat. Tidak pernah, tidak dengan cara apapun. Jika Anda
mendorongnnya, dia akan menolak dengan keras dan tidak dapat diubah. Dia harus
dibujuk, dipikat, digodaagar lebih cepat. Namun yang satunnya harus
diperlambat. Saya menghargai dan saya bekerja dengan perbedaan individu mereka.
Saya hannya perlu menghargainnya.
Tim
Anda juga demikian. Beberapa tim Anda bisa disuruh dengan cepat dan beberapa
oanggota lain tidak bisa. Beberapa orang perlu dipercepat dan beberapa lagi
perlu diperlambat. Beberapa anggota akan datang bekerja dengan senyum ceria,
yang lain lebih baik nggak didekati di awal hari. Beberapa anggota sangat hebat
dengan masalah teknologi namun yang lain tidak. Ingatlah kembali pernyataan
Belbin dalam aturan 2 dan liat bagaimana tiap orang dalam tim memiliki potensi
yang berbeda-beda. Perbedaan itulah yang membuat tim Anda hebat.
Dalam
kasus anak saya. Jika saya perlu sesuatu dikerjakan dengan cepat, saya tahu
siapa yang harus saya panggil. Jika saya memerlukan sesuatu dengan pendekatan
yang agak lambat, lebih terencana, saya memilih anak yang lain.
Anda
tidak perlu membebaskan orang dari suatu tugas hanya karena mereka berbeda akan
tetapi pertahankan aturan kedisiplinan. Anda hannya perlu menyikapi perbedaan
individu dengan cara Anda memilih tugas serta mengharapkan pengerjaan tugas
tersebut. Kita semua berbeda, jika dunia dipenuhi orang-orang seperti saya
pastinnya akan sangat mengerikan. Perbedaan membebtuk tim hebat yang bekerja
sama secara efektif.
Jadi
jika Anda mengelola tim penjual, misalnnya, dan sebagian anggotannya berpakaian
rapid an cekatan (seperti Anda), tetapi ada seseorang berpakaian lebih kasual
dan lebih ceriwis terhadap konsumennya, jangan menandai dia sebagai “bukan
orang perusahaan”. Nilailah dia berdasarkan hasil yang didapatnnya. Jika dia
memenuhi target dan konsumennya menyenanginya, berarti untung ada perbedaan.
Sumber:
The Rules Of management
Tidak ada komentar:
Posting Komentar