Sponsor

18 Okt 2011

PERTAHANKAN HUBUNGAN YANG BAIK DAN PERSAHABATAN

“JAGAN MERASA BAHWA PERSAHABATAN MEMUNGKINKAN ANDA MENYATAKAN HAL-HAL YANG MENGUNDANG PERTENTANGAN PADA KARIB ANDA. SEMAKIN DEKAT HUBUNGAN ANDA DENGAN SESEORANG, SEMAKIN DIPERLUKAN KEBIJAKSANAAN DAN KESOPANAN”
Oliver Wendell Holmes

Saya mempunyai teman yang memiliki frase favorit, kita semua pasti memilikinnya, bukan? “Saya tidak tahu bagaimana mungkin hal itu disebut sikap yang baik.” Dia menggunakannya jika ada yang menentangnnya dalam rapat atau mencuru idenya. Saya menyukai frase itu karena menyatakan segala sesuatu tentang hubungan kerja yang buruk. Sikap yang baik konsep yang sederhana tetapi subjek yang leluasa.
Sangat mudah mempertahankan hubungan yang baik dan pertemanan di tempat kerja jika Anda mempertahankan sikap baik. Hal ini tidak mesti berarti membuka pintu untuk orang lain atau membawakan tasnnya. Sikap yang baik adalah sopan, hangat, manusiawi, mengasihi, membatu, menyambut, semua hal tersebutlah yang perlu Anda lakukan setiap saat.
Hal ini akan menjadi sulit jika harus ditrapkan kepada orang yang tidak kita sukai, bertentangan di masalalu atau yang bersikap kasar dan tidak menyenangkan Anda. Tapi justru itulah saat terpenting untuk memperaktekan kemampuan ini.
Orang paling kasar dan paling tidak menyenangkan sekalipun akan sangat kesulitan untuk tetap bersikap kasar jika Anda bersikap menyenangkan, tersenyum, dan terbuka kepada mereka (terutama jika Anda dapat menyatakan sedikit pujian tentang keahlian mereka dalam suatu hal maka itu akan lebih mempererat hubungan baik Anda dengan setiap orang ditempat kerja Anda)
Coba memandang kolega Anda seakan mereka bersikap sehangat Anda. Jika Anda selalu mencoba mendekati setiap orang dengan optimism, Anda akan mendapati mereka tidak punnya pilihan selain merespon Anda dengan ramah. Tawarkan bantuan kapanpun Anda bisa. Berbicaralah dengan setiap orang seakan mereka setara karena memang demikian seharusnnya. Carilah hal positif dalam diri setiap orang, temukan sesuatu tentang merekauntuk Anda sukai atau hargai dan fokuskanlah pada hal itu. Luangkan waktu Anda dengan pegawai terendah sebanyak yang Anda akan Anda lakukan dengan pegawai tertinggi. Perlakukan setiap orang sama dengan hormat dan sopan.
Sumber: The Rules Of Management

Tidak ada komentar:

Posting Komentar