Sponsor

9 Mar 2012

MELAYANI PERFEKSIONISME PELANGGAN


"Sebagian Pelanggan Selalu Menjadi Perfeksionis, Dan Tidak Pernah Puas Dengan Apa Yang Mereka Terima. Jika Sesuatu Tidak Sempurna, Mereka Pasti Menolaknya." ~ Djajendra 

Pelanggan yang perfeksionis selalu termotivasi untuk meningkatkan standar kebutuhan pelayanan mereka. Mereka selalu terobsesi untuk mencapai kepuasan realistis tertinggi. Konsekuensi dari ketidaksempurnaan kecil dalam pelayanan atas produk dan jasa dapat menjadi alasan untuk mencari kekurangan pelayanan perusahaan.

Bila perusahaan tidak cerdas secara emosional dalam memberikan pelayanan berkualitas, maka konsekuensi perfeksionisme pelanggan dapat menghambat para penjual dan customer service secara pribadi maupun secara profesional.

Kesalahan kecil dalam pelayanan perusahaan akan dianggap seperti sebuah aib besar oleh para pelanggan perfeksionis. Dampak positifnya, para pelanggan yang perfeksionis akan membuat perusahaan terus berubah untuk tumbuh bersama produk dan pelayanan yang lebih sempurna. 

Perusahaan harus terus bekerja keras untuk memberikan layanan terbaik, khususnya untuk para pelanggan perfeksionis. Bila tidak, komplain dari para pelanggan perfeksionis akan merusak reputasi dan kredibilitas pelayanan perusahaan. 

Pelanggan perfeksionis tidak pernah bisa puas dengan sebuah standar; selalu berharap untuk meningkatkan standar yang ada; selalu melihat kesalahan apapun sebagai sebuah kegagalan dari pelayanan perusahaan. Perusahaan yang cerdas akan memanfaatkan perfeksionis pelanggan untuk menciptakan inovasi baru terhadap produk, dan juga untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan teknologi dan standar yang lebih tinggi.

Mencemaskan perilaku perfeksionis pelanggan hanya akan membuat kualitas pelayanan perusahaan menurun secara drastis. Para pelanggan perfeksionis sering menetapkan harapan terlalu tinggi, sehingga perusahaan harus fokus mempersiapkan tim penjual dan front liner nya untuk bisa mengimbangi perfeksionisme pelanggan. 

Sumber: djajendra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar