Sponsor

27 Sep 2011

16. RAYAKANLAH


“JIKA ORANG DATANG BEKRJA DENGAN SEMANGAT, JIKA MEREKA BERANI BERBUAT SALAH, JIKA MEREKA MERASA SENANG, JIKA MEREKA BERKONSENTRASI MELAKUKAN PEKERJAAN, BUKAN MENYUSUN LAPORAN DAN RAPAT MAKA ANDA MEMPUNYAI PEMIMPIN.
Robert Townsend

Saya menemukan alasan setiap hari untuk menghadiahi staf saya dengan hal-hal kecil, misalnnya perayaan sederhana untuk suatu hasil, sekalipun kecil dan sederhana. Jika Anda melakukan hal yang sama, staf Anda akan termotivasi dan terbiasa merayakan setiap keberhasilan. Sikap ini sangat penting.
Hadiahnnya? Sangat kecil. Sekotak donat. Buih ekstra dalam cappuciccino mereka. Kesempatan untuk keluar dan berjemur.
Terkadang saya mengatakan hari ini adalah hari yang istimewa karena kami sudah mendapatkan hasil tertentu. Lalu saya mengajak mereka makan siang di luar, member mereka kesempatan istirahat, membiarkan mereka menceritakan lelucon terburuk mereka. Ingatlah, tidak pernah semua itu terjadi pada waktu yang sama.
Kadang-kadang saya menyatakan hari tertentu istimewa meskipun kami gagal dalam pencapaian target. Saya menghargai kesalahan, kekacauan, ketidak sengajaan. Mengapa? Mereka semua sudah bekerja keras, melakukan terbaik, mengerahkan seluruh tenaga, mengerjakan semampu mereka. Mengapa saya tidak boleh menghadiahi mereka? Walaupun kami gagal, bukan berarti kami tidak berjuang. Saya menghargai usaha itu. Saya merayakan semua yang kami lakukan dengan benar, usaha, perjuangan, tekad, kerja tim, dorongan dan pekerja yang jujur dan baik.
Jangan hanya merayakan kemenangan besar, rayakan juga semua kemenangan kecil juga, tentunnya dengan perayaan yang lebih kecil, tetapi sejenis perayaan yang berkesan. Anda banyak alasan untuk keluar dan mendapatkan secangkir kopi dan sekotak donat (apel jika ini yang mereka suka). Seberapa besar biayannya untuk Anda? Sangat kecil, tapi rasa hangat yang di hasilkannya melebihi biayanya.

Sumber: The Rules Of Management

Tidak ada komentar:

Posting Komentar