“ JAGA PIKIRAN
ANDA; KARENA MENJADI KATA-KATA ANDA, JAGA KATA-KATA ANDA; KARENA KATA-KATA ANDA
AKAN MENJADI TINDAKAN ANDA, JAGA TINDAKAN ANDA; KARENA TINDAKAN AKAN MENJADI
KEBIASAAN ANDA, JAGA KEBIASAAN ANDA;
KARENA KEBIASAAN AKAN MENJADI KARAKTER ANDA, JAGA KARAKTER ANDA; KARENA
KARAKTER MENJADI TAKDIR ANDA”
Frank Outlaw
Mengapa Anda ingin melakukan hal ini? Atau Anda bukan
menejer yang baik? Tidak, justru sebaliknnya. Semakin baik Anda sebagai menejer
semakin banyak informais yang harus Anda simpan. Mengapa? Ada dua alasan.
Pertama, konssistensi. Anda perlu menyimpannya
semuannya karena Anda perlu memeriksannya kembali setiap saat. Pertanyaannya
bagai mana saya melakukannya sebelumnnya? Akan terus muncul. Tim Anda
memerlukan konsisten Anda dan Anda tidak akan mungkin melakukannya jika tidak
ingat bagaimana Anda melakukannya sebelumnnya. Saat si A mencapai target Anda
menghadiahinya dengan makan siang mahal, si B mencapai target Anda
menghadiahinya dengan mengajaknnya minum kopi. Dia tidak akan senang dan
selanjutnya dia tidak akan melakukan yang terbaik bagi Anda. Jadi tulislah dan
periksa ulang. Demikian juga kalau Anda mengatakan kepada kepada si C bahwa
mereka mendapatkan hal yang sama dengan si D,
lalu mereka tahu hal itu tidak benar, maka mereka akan beralih kepada
pihak lain yang konsisten.
Kedua, bukti. Menjadi menejer yang sangat baik, dapat
menjadikan Anda sumber kecemburuan, kemarahan, dan ketidak percayaan. Tidak
semua orang seterbuka Anda. Jika tim Anda bekerja 100% dan tim meteka bekerja
60% karena mereka adalah menejer yang buruk, kemungkinan mereka akan mencurigai
Anda dari pada menyadari kemampuan manajemen mereka yang buruk. Anda harus
mampu menunjukan alasan keberhasilan atau bawa Anda melkukannya sesuai dengan
rencana Anda.
Catatlah semuannya, mulai dari keputusan yang diambil,
memo yang dikirim, email yang ditulis, laporan yang dipersentasekan, semua
email disimpan: hal ini bukan masalah karena kapasitas penyimpanan computer
saat ini sangat besar. Kalaupun semua
email disimpan, memori yang terpakai hanya sedikit.
Sumber: The Rules Of Management.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar