Sponsor

28 Sep 2011

17. CATATLAH SEGALA YANG ANDA LAKUKAN DAN KATAKAN


“ JAGA PIKIRAN ANDA; KARENA MENJADI KATA-KATA ANDA, JAGA KATA-KATA ANDA; KARENA KATA-KATA ANDA AKAN MENJADI TINDAKAN ANDA, JAGA TINDAKAN ANDA; KARENA TINDAKAN AKAN MENJADI KEBIASAAN ANDA,  JAGA KEBIASAAN ANDA; KARENA KEBIASAAN AKAN MENJADI KARAKTER ANDA, JAGA KARAKTER ANDA; KARENA KARAKTER MENJADI TAKDIR ANDA”
Frank Outlaw

Mengapa Anda ingin melakukan hal ini? Atau Anda bukan menejer yang baik? Tidak, justru sebaliknnya. Semakin baik Anda sebagai menejer semakin banyak informais yang harus Anda simpan. Mengapa? Ada dua alasan.
Pertama, konssistensi. Anda perlu menyimpannya semuannya karena Anda perlu memeriksannya kembali setiap saat. Pertanyaannya bagai mana saya melakukannya sebelumnnya? Akan terus muncul. Tim Anda memerlukan konsisten Anda dan Anda tidak akan mungkin melakukannya jika tidak ingat bagaimana Anda melakukannya sebelumnnya. Saat si A mencapai target Anda menghadiahinya dengan makan siang mahal, si B mencapai target Anda menghadiahinya dengan mengajaknnya minum kopi. Dia tidak akan senang dan selanjutnya dia tidak akan melakukan yang terbaik bagi Anda. Jadi tulislah dan periksa ulang. Demikian juga kalau Anda mengatakan kepada kepada si C bahwa mereka mendapatkan hal yang sama dengan si D,  lalu mereka tahu hal itu tidak benar, maka mereka akan beralih kepada pihak lain yang konsisten.
Kedua, bukti. Menjadi menejer yang sangat baik, dapat menjadikan Anda sumber kecemburuan, kemarahan, dan ketidak percayaan. Tidak semua orang seterbuka Anda. Jika tim Anda bekerja 100% dan tim meteka bekerja 60% karena mereka adalah menejer yang buruk, kemungkinan mereka akan mencurigai Anda dari pada menyadari kemampuan manajemen mereka yang buruk. Anda harus mampu menunjukan alasan keberhasilan atau bawa Anda melkukannya sesuai dengan rencana Anda.
Catatlah semuannya, mulai dari keputusan yang diambil, memo yang dikirim, email yang ditulis, laporan yang dipersentasekan, semua email disimpan: hal ini bukan masalah karena kapasitas penyimpanan computer saat ini sangat besar.  Kalaupun semua email disimpan, memori yang terpakai hanya sedikit.
Sumber: The Rules Of Management.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar