Sponsor

30 Sep 2011

19. CIPTAKAN ATMOSFER YANG BAIK


“KESOPANAN MERUPAKAN KARAKTER KECIL DAN SEDERHANA YANG AKAN MERESAP PALING DALAM PADA HATI YANG PENUH SYUKUR DAN MENGHARGAI.”
Henry Clay

Menciptakan atmosfer yang baik bukan hanya mudah tapi juga penting. Jika staf Anda cemberut, sedih, tertekan, dan bermuka masam itu semua terlihat. Hal itu terlihat dalam pekerjaan mereka, cara mereka menangani konsumen dan rekan kerja, cara mereka saling berhubungan dan paling penting cara mereka bekerja dengan Anda dan untuk Anda.
Tidak sulit mengucapkan selamat pagi dan tulus. Bukanlah suatu tugas berat untuk memastikan setiap orang mendapatkan segelas kopi atau the pada saat rapat. Hannya diperlukan sedetik untuk menyapa, “bagaimana kabarmu hari ini?” Tiga aturan untuk tiap tempat kerja adalah:
·         Kesopanan
·         Keramahan
·         Kebaikan
Ya, kita semua mengenal bos yang berteriak, kasar dan suka berdebat. Namun, seperti dinosaurus, mereka musnah dan kita dapat melangkah maju. Orang-orang berhak mendapatkan:
·         Penghormatan
·         Perilaku beradab
·         Martabat
Jika Anda tidak dapat memberikan hal-hal tersebut, Anda sebaiknnya tidak menjadi menejer. Tapi saya yakin Anda bisa memberikannya. Menciptakan atmosfer yang baik itu mudah.
Semua ini berasal dari atas kebawah. Adalah tugas dan tanggung jawab Anda untuk mejadi ceria, penuh perhatian, sopan dan suka menolong. Orang-orang Anda adalah salah satu sumber daya Anda yang paling penting, alat Anda, senjata Anda untuk mendapatkan pencapaian yang besar. Tanpa mereka, Anda tidak berarti. Dengan adannya mereka, Anda adalah tim. Gunakan mereka dengan baik dan jangan memperlakukan mereka dengan kasar. Perhatikan mereka dan kehidupan merekadengan tulus. Jika Anda tidak punya waktu, sisihkan waktu untuk melakukannya.
Saya kira kata yang tepat adalah “sopan santun”. Saya akui konsep ini kuno, tetapi mampu memungkinkan hal yang tidak mungkin, membuka pintu-pintu, dan membuat staf bersedia bekerja pada shift yang biasa mereka tolak.
Sumber: The Rules Of Management

Tidak ada komentar:

Posting Komentar