“KESOPANAN
MERUPAKAN KARAKTER KECIL DAN SEDERHANA YANG AKAN MERESAP PALING DALAM PADA HATI
YANG PENUH SYUKUR DAN MENGHARGAI.”
Henry Clay
Menciptakan atmosfer yang baik bukan hanya mudah tapi
juga penting. Jika staf Anda cemberut, sedih, tertekan, dan bermuka masam itu
semua terlihat. Hal itu terlihat dalam pekerjaan mereka, cara mereka menangani
konsumen dan rekan kerja, cara mereka saling berhubungan dan paling penting
cara mereka bekerja dengan Anda dan untuk Anda.
Tidak sulit mengucapkan selamat pagi dan tulus.
Bukanlah suatu tugas berat untuk memastikan setiap orang mendapatkan segelas
kopi atau the pada saat rapat. Hannya diperlukan sedetik untuk menyapa,
“bagaimana kabarmu hari ini?” Tiga aturan untuk tiap tempat kerja adalah:
·
Kesopanan
·
Keramahan
·
Kebaikan
Ya, kita semua mengenal bos yang berteriak, kasar dan
suka berdebat. Namun, seperti dinosaurus, mereka musnah dan kita dapat
melangkah maju. Orang-orang berhak mendapatkan:
·
Penghormatan
·
Perilaku beradab
·
Martabat
Jika Anda tidak dapat memberikan hal-hal tersebut,
Anda sebaiknnya tidak menjadi menejer. Tapi saya yakin Anda bisa memberikannya.
Menciptakan atmosfer yang baik itu mudah.
Semua ini berasal dari atas kebawah. Adalah tugas dan
tanggung jawab Anda untuk mejadi ceria, penuh perhatian, sopan dan suka
menolong. Orang-orang Anda adalah salah satu sumber daya Anda yang paling
penting, alat Anda, senjata Anda untuk mendapatkan pencapaian yang besar. Tanpa
mereka, Anda tidak berarti. Dengan adannya mereka, Anda adalah tim. Gunakan
mereka dengan baik dan jangan memperlakukan mereka dengan kasar. Perhatikan
mereka dan kehidupan merekadengan tulus. Jika Anda tidak punya waktu, sisihkan
waktu untuk melakukannya.
Saya kira kata yang tepat adalah “sopan santun”. Saya
akui konsep ini kuno, tetapi mampu memungkinkan hal yang tidak mungkin, membuka
pintu-pintu, dan membuat staf bersedia bekerja pada shift yang biasa mereka
tolak.
Sumber: The Rules Of Management
Tidak ada komentar:
Posting Komentar