“ANDA DAPAT SELALU
MENEMUKAN ALASAN UNTUK BEKERJA. AKAN SELALU ADA HAL UNTUK DIKERJAKAN. NAMUN,
JIKA ORANG TIDAK PERNAH ISTIRAHAT, PRODUKTIVITASNYA AKAN BERHENTI. MEREKA
BERHENTI BAHAGIA,DAN HAL INI MEMPENGARUHI SEMANGAT SETIAP ORANG DI SEKITAR
MEREKA”
Carisa Bianchi.
Jika Anda bekerja sama, Anda mungkin akan lebih sering
bertemu dengan tim daripada dengan keluarga Anda. Tim Anda juga lebih sering
bertemu dengan Anda dari pada keluargannya. Karenanya, Anda perlu
mengelolannya. Anda tidak perlu saling mencintai, tapi Anda harus menjadi
keluarga. Cara terbaik adalah dengan membangkitkan kesetiaan dan menciptakan
semangat tim. Sebagai menejer, Anda harus menjadi kepala keluarga.
Anda harus dihormati, disegani, dipercaya dan
diandalkan. Tuntutan yang sulit. Persyaratan yang berat. Dapatkah Anda
melakukan semua ini? Tentu saja Anda mampu. Yang harus Anda lakukan hanyalah:
·
Hargai mereka
·
Puji mereka
·
Berbaik hatilah kepada mereka
·
Percayai mereka
·
Beri mereka semangat
·
Pimpin mereka
·
Motivasi mereka
·
Tumbuhkan mereka
·
Pedulikan mereka dengan tulus
Hal ini lebih mudah dikatakan dari pada dilakukan.
Anda bisa tergoda melewati semua daftar ini sambil berkata, “ya, ya. Saya
melakukannya.” Sekarang berhentilah sebentar dan kembalilah kedaftar itu dan
pikirkan tiap butir dengan sungguh-sungguh. Apakah Anda benar-benar
melakukannya? Dapatkah Anda melakukannya dengan lebih baik? Apakah Anda yakin
hal itu bukan hanya pikiran Anda? Apa yang orang lakukan telah dilakukan dan
apa yang benar-benar dilakukan dengan berbeda. Carilah satu orang yang bisa memberikan
Anda suatu masukan yang jujur. Idealnnya, orang tersebut adalah salah satu
anggota tim Anda. Jika tidak, seseorang yang memperhatikan Anda bersama tim
Anda. Apa yang menurut mereka telah Anda lakukan.
Saya pernah bersaing dengan perusahaan lain. Salah
satu anggota tim menejer itu tinggal dengan salah anggota tim saya. Dia
menceritakan kepada si A, anggota tim saya, semua rencana bosnnya, perhitungan,
hasil dan promosi mendatang, sehingga saya selalu dapat mengalahkan bosnya.
Mengapa dia juga tidak menceritakan semua tentang saya ke pada bosnya,
mengingat dia jelas-jelas dia mendiskusikan segala pekerjaan dengan si A?
sederhana. Dia tidak menyukai menejernnya. Itu adalah kesalahan menejernnya.
Menejer tersebut kasar kepada stafnya, kejam, nggan membantu, dan tidak
menyenangkan. Apakah saya orang yang lembut? Tentu tidak. Saya tegas dan
peraktis, tetapi saya memperlakukan tim saya dengan hormat. Saya tidak perlu
melakukan banyak hal karena pesaing saya melakukan cukup banyak kesalahan untuk
membuat saya terlihat baik.
Sumber: The Rules Of Management
Tidak ada komentar:
Posting Komentar